Laman

Kamis, 09 Agustus 2012

Wisata Tinjomoyo

pintu masuk

Untuk mengelabuhi cacing-cacing yang bernyanyi sebelum buka puasa, biasanya sore hari saya melaksanakan jalan-jalan "ngabuburit" ke berbagai tempat, antara lain: kost an teman, warnet, indomaret, jembatan penyeberangan, dan tempat-tempat wisata. Nah khusus katergori tempat wisata, saya suka pergi ke Tinjomoyo yang statusnya adalah bekas kebun binatang dan sekarang menjadi hutan wisata.

Dahulu kala di Tinjomoyo ini telah berpenghuni banyak jenis binatang yang hidup dengan damai, dan menjadi salah satu tujuan wisata per-fauna-an di Semarang, dengan infrastruktur yang memenuhi syarat (pada waktu itu) sebagai kebun binatang. Pada suatu waktu yang naas (menurut temanku) terjadi banjir besar Kali Garang (sungai yang membatasi kebun binatang/pintu masuk kebun binatang), sehingga meruntuhkan konstruksi jembatan yang merupakan satu-satunya jalur penghubung pariwisata Tinjomoyo.

Karena bencana tersebut pada akhirnya menjadikan tempat wisata ini sepi, serta kondisi tanah yang labil (sering longsor) membuat hewan-hewan penghuni kebun binatang ini di pindahkan ke Taman Margasatwa Mangkang. Sekarang yang tersisa adalah hutan-hutan liar serta jalan-jalan beton yang sudah "tidak baik", dan sebuah jembatan besi sebagai penghubung antara desa Tinjomoyo dengan Semarang.

jembatan besi
Konon jembatan besi ini adalah pinjaman dari Kodam IV Diponegoro, sebagai jembatan darurat seusai runtuhnya jembatan yang lama. Namun akhirnya jembatan ini harus kembali ke pihak Kodam setelah selesai pembangunan jembatan yang sudah dimulai ini. karena menurut rencana, Hutan wisata ini akan dikembangkan lagi menjadi objek wisata yang lebih modern.

Sekarang hutan ini menjadi tempat camping, outbond, perang-perangan (entah namanya apa yang pake senapan berpeluru cat itu #ndeso), dan acara-acara outdoor yang lain, tapi ini yang paling sering dan paling ku suka, yaitu sebagai tempat pemotretan foto model, secara banyak gadis-gadis cantik yang berpose di pinggiran hutan, jembatan, bahkan sungai.... wuiihh pemandangan yang membuat lupa rasa lapar.. #dosa gak ya... hihihihi...

Bagi sahabat yang tak suka tempat wisata yang terlalu rame boleh datang kesini, pemandangan yang ada antara lain : hutan, jembatan besi, sungai, jalan-jalan beton yang hampir rusak, bekas kandang binatang, patung-patung binatang, bekas WC, dll..

Lokasinya dekat dengan Unika Soegijapranata Semarang (dari Jatingaleh Semarang masuk jalan Karang rejo (arah stadion jatidiri) terus masuk terowongan sampai Unika belok kiri, nah sampe tuh... bingung kan... hehehe...

Ntar tak anterin deh..... hmmm...
gerbang

pembangunan jembatan

38 komentar:

  1. dulu saya pernah berkunjung kesini

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh... aseli semarang ya Mr...

      Hapus
    2. wah jd pengen berkunjung ke sana.

      Hapus
  2. wahh manteb gan ,,, ane mau kesitu ,, anterin ya gan ,, haha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapp.... asal jangan tengah malam ya.... hehe

      Hapus
    2. weeh ,rumh ane jauh di indonesia bagian tengah agak pojok sdikit.. :D , ga gan paling sblom saur .. hhahaha :D

      Hapus
  3. . . aq gak pernah. huhh. daripada di anterin aja, giaman kalo skalian di jemput?!? tambah siepzZz tuch. he..86x . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke... siapin aja lilin plus sesajen... ntar kan pas malem jum at tuch.... lihat siapa yang dateng... hiiiiiiiiiiii.....

      ngesot ke surabaya buat jemput vpie.. pulangnya nebeng bonek.... hufftt... cape deh...

      Hapus
    2. . . ich,, ich,, puwit nich. huhh . .

      Hapus
  4. Kaya'e Asyik Tempatnya Gan, Thanks Atas Infonya Gan.

    BalasHapus
  5. aku dah 10 tahun neng semarang durung pernah dolan mrono kang

    padahal ku sering lewat daerah Unika....kayake tempatnya asyik tuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyo kang... kurang terkenal emang.. tapi asyik nggo wong sing seneng golek inspirasi,,, hehehe...

      Hapus
  6. wah di semarrang ya. padahal ane kemarin ke semarang. ini jauh ga dari tembalang? ane taunya itu doang soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Deket mas bro.. saya pun kerjanya di tembalang....

      Hapus
    2. ou gitu ya. ehm, besok ke sana ah klo ke semarang lagi, minta adik suruh anterin. tenkyu gan referensinya :D

      Hapus
    3. sipp.. Adeknya kuliah di UNDIP kah ??

      Hapus
    4. iya. tapi tapi cowo gan. jadi ente ga bisa berharap banyak, heheheh. ta omongin dulu dari awal. hahahhaha. ente mudik ga? atau di semarang aja nie lebaran ini?

      Hapus
  7. healah masih ada jembatan kayak gitu tho..
    kaya di kalimantan wae
    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... ngenyekk.... tua tapi tangguh tuh kang... bisa bongkar pasang... katanya..
      jembatan portable....

      Hapus
  8. beneran klo mimi ke sana diantar yaaa ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap mi... pake apa, becak, sepeda, trans semarang, bus, angkot, andong.. semua ada... kecuali perahu...

      Hapus
  9. hhh perang perangan pake cat ra ngerti jenenge, brarti podho karo aku ndesone. Boleh ngabuburi di tempat sepi, tapi ojo sir siran loh Kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... podo lek ngono...
      Ora pakde... koncoku lanang, masak semangka makan melon... xixixi

      Hapus
  10. kunjungan perdana sob,ditunggu follow backnya.terimakasih

    BalasHapus
  11. Ngabuburit emang paling enak apa lagi kalau bareng sahabat. :D

    BalasHapus
  12. Wah..walupun saya di Semarang, saya belum pernah kesini. Kapan1 ah ..kesana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling-paling ke simpang 5.. ya gak ? hehe

      Hapus
  13. saya baru beberapa kali ke Semarang, bisa diitung pake jari @_@
    Masa buat lupa rasa lapar dosa?! :P kecuali ngambil aer trus dicampur sirop, glek ke tenggorokan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu mah namanya batalin puasa mbak... hehe... apa gak tambah dosa kuadrat...

      Hapus
  14. jembatannya udah tua ya...??
    kuat dan mantabh kesannya...
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kayaknya.. tapi gak tau persis setua apa..

      Hapus
  15. Gan, dari jatingaleh ke unika ada angkot gak ?

    BalasHapus

Sebenarnya blog ini berisi catatan bebas, yang tak berarti apa - apa, jadi jangan terlalu diambil hati. Jika ingin berkomentar mohon berkomentar secara bijak. Suwun..